Sebagai agenda rutin, pada tanggal 12-13 Juni 2012 kemarin diselenggarakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tnggi Negeri (SNMPTN). Alhamdulillah tahun ini diberi tugas (untuk yang pertama kali) menjadi Distributor Naskah atau Penanggung Jawab Naskah.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah DIUSAHAKAN HADIR dalam Rapat Koordinasi Teknis. Rapat ini diselenggarakan pada H-1. Dalam Rapat Koordinasi TeknisĀ  sudah mulai mengisi berita acara serah terima naskah. Ada 4 jenis Berita Acara: H1W1, H1W2, H2W1 dan H2W2 (H menyatakan hari, W menyatakan waktu). Data yang sudah bisa diisi : waktu pelaksanaan, tempat, jumlah amplop (jumlah peserta/20 + cadangan). Jumlah cadangan s.d 300 adalah 1 amplop, dan selebihnya 2 amplop. Kode Naskah diisi pada hari H.

Waktu kedatangan harus DISIPLIN. Pada H1, sampai di Lokasi sebelum Adzan Subuh (sekitar jam 04.00 WIB), setelah sholat Shubuh mengecek kelengkapan Dokumen, LJU dan Soal. Pada H2 bisa datang lebih siang (tapi tetap diusahakan Subuh sudah di Lokasi), terlebih bagi distributor utk sektor yang H2 hanya dilakukan tes IPS bisa datang sekitar 06.30.

Beberapa yang harus dilakukan dalam pengecekan dokumen :

  1. Dokumen LJU dipastikan tidak kurang. Jumlah Amplop = Jumlah Peserta/20 + Cadangan (Jumlah cadangan s.d 300 peserta adalah 1 amplop, dan selebihnya 2 amplop)
  2. Pastikan jumlah dokumen sudah pas/tidak kurang dan sudah tercetak dengan benar.

AWAS :

  • PASTIKAN AMPLOP LEMBAR JAWAB (AJ.1) jumlahnya tepat dan sudah ada cetakannya (terkadang ada yg belum tercetak).
  • Siapkan Cadangan SENDIRI untuk Berita Acara, karena biasanya tidak disiapkan cadangan.
  • Sampaikan pada Penanggung Jawab Lokasi bahwa Berita Acara BOLEH DIFOTOCOPY.
  • Untuk efisiensi waktu untuk Lokasi yg jauh LEBIH ENAK apabila sambil mengantar Dokumen W2, mengambil hasil W1 sekalian menunggu hasil W1